Ingat nggak di zaman DSLR menguasai dunia fotografi, kita hanya bisa mengandalkan Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom untuk mengedit foto supaya hasil foto lebih optimal, itu pun menggunakan PC. Kini, di zaman yang serba canggih dan modern, cukup mengandalkan kamera handphone saja kita sudah bisa memotret. Tapi, tak jarang pula kita ingin memoles hasil jepretan supaya lebih optimal, misalnya untuk mengubah kontras atau warna, sudah jelas kita mengandalkan aplikasi edit foto di handphone.

Aplikasi HP Android dan IOS Edit Foto Terbaik

Untungnya aplikasi edit foto pada Android dan IOS sangat beragam, tapi di antara banyak aplikasi edit foto di Appstore dan iStore, berikut ini aplikasi edit foto terbaik untuk Android dan IOS.

1. Snapseed

1

Snapseed yang diproduksi oleh Nik Software asal California ini ternyata milik Google lho. Tahun 2011, Nik merilis Snapseed hanya untuk pengguna IOS. Namun, sejak Google mengakuisisi Nik Software, tahun 2012 Snapseed juga bisa digunakan pengguna Android. Bisa dibilang aplikasi Snapseed ini tools yang paling unik cara pemakaiannya. Untuk mengatur pencahayaan, kita tinggal memainkan jari ke kiri dan ke kanan sampai menemukan hasil yang kita inginkan. Nggak hanya itu saja, Snapseed punya pilihan ‘Selective Tools’ untuk mengedit bagian yang kamu inginkan saja, Bela. Bahkan kini Snapseed juga sudah menyediakan beragam filter, jadi kamu tinggal pilih filter smooth, pop, faded glow, sampai pilihan filter black and white yang beragam banget.

2. VSCO

2

Aplikasi edit foto yang lebih dikenal dengan sebutan VSCO Cam ini rilis pada 2011 yang diproduksi oleh Visual Supply Company, perusahaan asal Amerika Serikat. Berbeda dengan Snapseed, jika Snapseed lebih unggul dalam editing pencahayaan, VSCO Cam lebih dikenal sebagai aplikasi edit foto yang memberi hasil elegan kekinian. Sebab, banyak banget selebgram yang mengandalkan filter aplikasi satu ini, karena hasil warna foto yang soft jadi ciri khasnya. Pakai VSCO juga bisa mengedit foto terlihat vintage seperti hasil foto yang menggunakan kamera analog, klasik tapi hasil gambarnya tajam.

3. Prisma Photo Editor

3

Dari sekian banyak aplikasi edit foto yang menghasilkan foto layaknya sebuah lukisan, Prisma Photo Editor yang rilis pada Juni 2016 ini menjadi aplikasi terbaik untuk Android dan iOS. Aplikasi gratis asal Rusia dengan filter yang membuat foto lebih artsy ini pun mudah digunakan, selain memilih filter, kamu juga tetap bisa mengubahnya lebih natural dengan cara mengatur exposure, contrast, brightness, saturation, vibrance, gamma, temperature dan toolslainnya sesuai seleramu. Hasilnya seperti pada foto di atas, jadi kayak lukisan dan nggaknorak kan?

4. Adobe Photoshop Express

4

Sebelum kamu bisa mengedit foto menggunakan Adobe Photoshop Express, kamu harus sign up terlebih dahulu. Aplikasi ini cukup detil layaknya Adobe Photoshop di PC, meski begitu, cara mengeditnya tetap sederhana kok. Cara pakainya nggak berbeda jauh dengan aplikasi edit foto lainnya, aplikasi Adobe Photoshop Express ini juga punya banyak filter, setelah memilh filternya kamu juga bisa kembali mengatur foto yang telah menggunakan filter dengan mengubah color temperature dan exposure sesuai keinginan. Hasil editing fotonya bisa dilihat pada foto di atas, Bela. Jika pada foto asli hasil warnanya kurang terlalu matang karena backlight, kamu bisa pakai Adobe Photoshop Express dengan memilih filter sesuai keinginan, lalu sempurnakan dengan mengatur pada tools effects dan detail, oh ya kamu juga bisa atur blur pada foto.

5. Enlight Photofox

5

Aplikasi Enlight Photofox ini memang hanya masih tersedia untuk iOS. Nggak semua filter bisa digunakan dengan gratis, sisanya kamu harus berlangganan. Meski beberapa harus bayar, namun banyak juga filter gratis. Hanya saja, Enlight Photofox ini unggul untuk menggabungkan dua foto supaya terlihat lebih artistik. Seperti hasil foto di atas, wajahmu bisa digabung dengan foto gedung pencakar langit, hasilnya dramatis kan? Nggak punya foto arsitektur yang ciamik? Tenang, Enlight Photofox bekerja sama dengan situs website foto gratis bernama Pixabay. Jadi kamu tinggal ‘search’ dan ketik ‘keyword’ sesuai kebutuhanmu. Kalau sudah, kamu tinggal pilih warna blending, mulai dari Overlay, Multiply hingga Darker.